Warna Tinja Mempengaruhi Kesehatan

Warna Tinja Mempengaruhi Kesehatan,-Apakah Anda tahu bahwa kotoran Anda dapat memberitahu banyak tentang kesehatan Anda? Bentuk dan warna berbeda dari orang ke orang. Warna kotoran Anda memberi tanda-tanda peringatan untuk kondisi kesehatan Anda. Jadi, setiap kali Anda melihat beberapa perubahan warna tinja Anda, Anda jangan mengabaikan.

Ketika saluran pencernaan tidak berfungsi dengan baik, memberikan tanda-tanda melalui perubahan warna tinja. Sebagai contoh, tinja cokelat atau hitam hijau dan gelap merupakan tanda-tanda kesehatan yang buruk. Sebagian besar waktu, warna tinja berubah karena makanan yang Anda makan. Misalnya, jika Anda makan banyak bit, tinja serta urine Anda akan menjadi berwarna merah. Demikian pula, banyak makan sayuran hijau dapat membuat feses berwarna hijau. Selain itu, kotoran menjadi hijau walaupun ketika Anda menderita diare.


Namun, kadang-kadang Anda melihat tinja berwarna hitam atau coklat yang bau. Ada banyak makanan yang bisa menyebabkan tinja gelap. Meskipun warna tinja dapat sinyal kondisi kesehatan, Anda harus terlebih dahulu fokus pada diet Anda dan mencari tahu makanan mana yang menyebabkan perubahan warna kotoran Anda.

Berikut adalah beberapa makanan yang menyebabkan tinja gelap. Misalnya, Makanan kaya zat besi dapat mengubah warna tinja gelap dan membuatnya sangat bau . Demikian pula, junk food dapat menyebabkan tinja berwarna gelap. Periksa makanan yang menyebabkan tinja gelap.

Makanan yang Menyebabkan Kotoran berwarna gelap :

- Makanan Junk Food
Makan banyak junk food akan menyebabkan perubahan warna kotoran tersebut. Jika Anda makan banyak junk food, feses berubah warna menjadi coklat tua atau warna hitam. Junk food membutuhkan waktu untuk memecah dan dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Jadi, lebih mengontrol asupan junk food.

- Bluberi
Banyak penelitian telah menunjukkan banyak makan blueberry dapat menggelapkan tinja. Pada dasarnya, makanan yang biru tua, hitam, atau hijau menyebabkan tinja gelap.

- Sayuran Hijau Tua
Dari sayuran berdaun hijau dengan bit gelap, makanan mulai dalam warna gelap dapat membawa perubahan warna kotoran Anda.

- Kafein
Minum terlalu banyak kafein buruk bagi kesehatan secara keseluruhan. Ini menyebabkan dehidrasi karena retensi air dan juga menggelapkan tinja. Jika Anda minum kopi terlalu banyak atau mengkonsumsi makanan yang kaya kafein, maka feses akan mengeras juga.

- Minuman Manis
Seperti junk food, minuman kaya gula juga menyebabkan tinja gelap. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak gula juga menyebabkan kembung, gastritis dan berat badan.

- Daging sapi
Makanan kaya zat besi adalah salah satu penyebab utama dari tinja gelap. Mengkonsumsi terlalu banyak zat besi dapat menggelapkan warna tinja. Selain itu, jika Anda mengalami anemia atau hamil, suplemen zat besi dapat menggelapkan tinja.

- Kacang Merah
Kacang merah kaya akan zat besi yang menunjukkan pengaruhnya pada warna buang air besar.

- Plum
Selama konsumsi plum dapat mengubah warna buang air besar. Jika feses gelap setelah mengkonsumsi plum, kemudian kita harus membatasi mengkonsumsinya.











Sumber : Boldsky

0 komentar