Efek Samping Terburuk Dari Kebisingan

Efek Samping Terburuk Dari Kebisingan, -
Kebisingan adalah sesuatu yang kita telah berhenti memperhatikan nilai dalam kehidupan modern kita. Hal ini karena kita terus-menerus hidup dalam kebisingan. Baik itu kebisingan dari lalu lintas atau orang-orang yang memutar musik di sekitar Anda, efek kesehatan dari kebisingan dapat sangat merusak Anda. Efek kesehatan dari kebisingan bagi manusia jarang dibahas karena hampir tak ada sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk mengubahnya.

Anda tidak bisa berhenti mendengar suara yang ada di sekitar Anda. Tapi Anda memiliki hak untuk tahu apa saja efek samping dari kebisingan ini. Dan jika Anda dapat menyadari efek kesehatan dari kebisingan pada tubuh manusia, mungkin Anda akan membuat usaha sadar untuk membuat sedikit noise yang akan menambah hiruk-pikuk yang sudah ada di sekitar Anda. Kebisingan dapat memiliki implikasi serius bagi kesehatan Anda.


Efek kesehatan dari kebisingan termasuk serangan jantung, kehilangan pendengaran dan dampak psikologis seperti depresi serta stres. Tak perlu dikatakan, kebisingan adalah depresiasi kualitas hidup Anda. Anda mungkin berpikir bahwa suara hanyalah merupakan faktor yang mengganggu kehidupan modern. Namun, dampak kesehatan dari polusi suara jauh melampaui batas.

Berikut adalah beberapa efek samping terburuk kebisingan pada orang-orang yang mendengarnya dan berkontribusi untuk itu.

- Sakit kepala
Suara keras dan nyaring bisa menjadi salah satu pemicu terburuk bagi orang yang menderita migrain. Jadi jika Anda mendapati serangan migrain karena musik keras yang di putar oleh tetangga, Anda pasti mengeluh sakit migrain.

- Kehilangan Pendengaran
Mendengarkan musik keras, terutama pada headphone untuk jangka waktu yang lama dapat merusak gendang telinga Anda. Jika Anda mendengar musik di telepon terpasang headphone di sepanjang waktu, Anda dapat tuli pada saat usia 35 tahun.

- Serangan Jantung
Kadang-kadang, suara yang keras buruk bagi pasien jantung. Suara keras dan menderu-deru dapat mempengaruhi echocardiogram Anda. Tiga persen dari semua serangan jantung disebabkan secara langsung atau tidak langsung karena suara tiba-tiba menggelegar.

- Menaikkan Tingkat Stres
Ada sejuta alasan untuk stres. Dan kebisingan merupakan kontribusi untuk meningkatkan tingkat stres ini lebih lanjut. Hormon stres pada gilirannya menyebabkan hipertensi dan merusak setiap bagian dari tubuh Anda.

- Kurangnya Konsentrasi
Ini adalah fakta yang membuktikan bahwa kemampuan Anda untuk menyerap apa yang Anda baca berkurang sebesar 8 persen ketika Anda mendengar seseorang berbicara. Jadi bayangkan berapa banyak Anda kehilangan konsentrasi di tempat kerja ketika rekan Anda terus-menerus bergosip di sekitar Anda.

- ADHD
Anak-anak memiliki kekurangan perhatian dan sindrom hiper aktivitas yang disebut ADHD. Hal ini biasanya membuat anak memiliki rentang perhatian yang sangat pendek dan itu akan dibawa sampai dewasa. Bila Anda tidak bisa mendengarkan sesuatu dengan sabar bahkan ketika Anda ingin, bisa jadi karena Anda telah terkena terlalu banyak suara berisik.

- Pertumbuhan psikologis Anak Lambat
Pertumbuhan psikologis anak terpapar kebisingan terus menerus melambat. Mereka memiliki kurang konsentrasi dan belajar cacat.

- Masalah Bicara & Mendengar Pada Balita
Ketika Anda dapat mendengar suara hiruk-pikuk yang tidak masuk akal, balita cenderung memiliki masalah berbicara dan mendengar. Mereka membutuhkan kejernihan pikiran dan suara untuk belajar bicara.








Sumber : Boldsky

0 komentar